Minggu, 27 Februari 2011

SCIEMICS UPI, haru, Semangat !


by Haris Rachman on Sunday, January 2, 2011 at 6:04pm
copas dari dewi..
http://lemonadesquash.blogspot.com/

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
SCIEmics (Study Community of Islamic Economics) sudah pernah saya perkenalkan di post saya sebelumnya. Kami merupakan kelompok belajar yang mengkaji tentang ekonomi islam yangsaat ini sedang booming mungkin di Indonesia, khususnya dalam bidang perbankan nya. Sudah banyak Bank-Bank konvensional yang membuka cabang syariah, yang diawali dengan Bank Muamalat, Bank Mandiri, dll.

Saya masuk ke organisasi ini sekitar pada bulan ramadhan tahun 2010 kemarin, berarti bulan agustus 2010. Berawal dari beberapa orang datang ke kelas saya, anak manajemen 2009, mereka sedang mengumpulkan tanda tangan yang katanya untuk mengumpulkan persetujuan mahasiswa FPEB (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis) agar BSO SCIEmics bisa dijadikan UKM universitas. Ketika saya tanya, "ini tanda tangan buat apaan emang?" kemudian seorang bernama Haris Rachman yang kini menjadi teman saya menjawab "Ini untuk pembentukan UKM ekonomi syariah" Saya tertarik mendengar akan ada UKM ekonomi syariah, tetapi ketika saya tanya teman2 di kelas saya mau ikut atau gak, ehh merekanya ogah2an gitu. Jadi saya juga pikir2 karena ga ada kenalan satu pun saya untuk ikut ukm itu.

Kemudian saya kenal salah seorang yang generasi awal terbentuknya UKM SCIEmics itu, namanya Arief Juliyaman. Dan dari situlah semua berawal. Dengan mengenal beliau, saya akhirnya memberanikan diri ikut kajian SCIEmics. Pertama, saya iseng bertanya ke chairmannya yaitu Kang Try Kurniawan melalui chat facebook, awalnya saya sempat ketakutan karena beliau lama tidak membalas chat saya, tetapi akhirnya beliau membalas juga. Ngobrol-ngobrol, kang try mengajak saya untuk ikut study banding ekonomi syariah ke UNPAD bersama kawan2 SCIEmics lainnya, tetapi karena saya pada saat itu ada rapat di himpunan, jadinya saya gak bisa ikut.

Kemudian, saya diundang untuk mengikuti DIKLAT EKONOMI ISLAM I , bagian pengkaderan dari SCIEmics. Karena kenalan saya cuma Kang Try dan Arief, maka saya mengajak 3 teman saya, ningrum, Desti, dan Mey. Tetapi, akhirnya sampai saat ini saya yang bertahan di SCIEmics. Ikut kajian-kajiannya, kemudian membantu jadi panitia dalam salah satu acaranya, mengenal orang-orangnya, kebudayaannya, kekeluargaannya, kebersahajaannya, ke-agamisannya, membuat saya berubah, dan semangat untuk menjadi DEWI yang lebih baik. saya mulai merasa senang bisa masuk ke SCIEmics. Disini saya menemukan teman2 yang sungguh tiada tandingannya. saya merasa SANGAT BERUNTUNG.

Hari-hari, masalah, problematika yang muncul, menambah saya semakin mengenal teman2 di SCIEmics, semakin dekat dengan mereka, dan saya kini mengatakan UHIBBUKUM FILLAH, saya sayang kalian teman2 SCIEmics sungguh karena Allah SWT, karena dengan bertemu kalian, saya bisa menyambut hidayah Allah dengan hati dan fikiran terbuka. Rahmat yang sungguh tiada taranya. Dan kini, kang try, chairman kami, sudah waktunya untuk turun jabatan, MUMAS SCIEmics insyaallah akan diadakan pada bulan JANUARI 2011 setelah UAS. 2009, angkatan kami akan naik menggantikan senior2 kami, ada suatu hal yang mengganjal hati saya ketika saya menulis post ini. Teman saya, arief, yang mengenalkan saya kepada SCIEmics ini, alhamdulillah terpilih menjadi ketua umum HIPMI PT UPI tahun periode 2010-2011. Sebenarnya sudah sejak lama, ia bilang, kalau ia adalah calon ketua hipmi selanjutnya. Saya mendukung ia menjadi ketua, melihat kompetensinya, visinya, kapabilitasnya , saya yakin he can be a great leader for young entrepreneurs. tetapi, ketika mendapat kabar tersebut, saya tidak tahu, apa yang terjadi, tapi seperti ada sesuatu yang mengganjal, seperti kurang ikhlas saja hati saya ini. Ada suatu perasaan, nanti teman-teman akan meninggalkan SCIEmics karena sibuk dengan amanah lain yang dilimpahkan. Arief terpilih menjadi ketua HIPMI, berarti tinggal haris dan aa (Aris). Kemungkinan, salah satu dari mereka akan direkrut oleh himpunan sebagai penerus dari 2009, jika dimisalkan haris yang terpilih sebagai ketua himpunan IMAGE 2010-2011. berarti, tinggal aa, ades, dan panji. Sepiiiii sekali SCIEmics kayaknya tanpa teman-teman.

SCIEmics masih UKM baru, sekitar 6 bulan berdirinya, 6 bulan lagi, kita akan segera berumur satu tahun. Akankah kami bertahan?? Sungguh hati ini ingin menangis, tapi saya harus tetap OPTIMIS. Saya bertekad membesarkan SCIEmics menjadi organisasi dakwah ilmiah ekonomi syariah, yang bisa mengenalkan sistem khilafah ke masyarakat Indonesia. Akankah saya bisa mencapai cita-cita saya tersebut??? Akankan teman-teman tetap di SCIEmics, bersama-sama membesarkan, membumikan ekonomi islam di kalangan mahasiswa dan masyarakat??? Mungkinkah 'mereka' nanti meninggalkan kami??? Ataukah, seperti yang saya harapkan, mereka tetap bertahan di SCIEmics, bersama-sama membangun UKM ini yang sudah melekat di hati saya.

SCIEmics, di hatiku..
Jiwaku, Ekonom Rabbani
Jargon Kami,Bisa Bisa Harus Bisa INSYAALLAH , ALLAHUAKBAR!!!

0 comments:

Posting Komentar

 

About

Copyright © Asyabab Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger