Cerdas melihat isu.. itulah yang saya sampaikan kepada teman-teman
yang bertanggung jawab dalam bidang pemasaran dan para entrepeneur
kemaren dalam sesi sharing pengetahuan untuk peningkatan kualitas
entrepeneurship yang diselenggarakan oleh salah satu sekolah bisnis di
Kota Bandung.
Apa relevansinya dengan pemasaran? Seperti yang kita ketahui, aspek
penting dalam manajemen pemasaran adalah merubah persepsi pasar atas
produk berupa barang, jasa, ide, tempat, orang, pengalaman, event yang
kita tawarkan kepada mereka dengan tujuan akan terjadi transaksi
pembelian, kepuasan pelanggan dan akhirnya mereka loyal dengan apa yang
sudah mereka beli kepada kita.
Tingkat loyalitas yang biasa kita kenal terdiri dari repeat
purchase, buying others, menawarkan kepada yang lain dan bahkan menolak
bila pesaing menawarkan produk yang sejenis kepada mereka dan tetap
membela produk kita.
Persepsi inilah awalnya yang harus dipahami oleh seorang pemasar.
Persepsi konsumen terhadap produk ini relevan dengan kecerdasan kita
melihat isu yang berada diseputar lingkungan internal dan eksternal
perusahaan.
Perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat harus dijadikan dasar
untuk menentukan isu yang mana yang harus digunakan sebagai pesan dalam
promosi pemasaran suatu produk. Sebagai contoh, isu akhir tahun 2012
dapat digunakan untuk memasarkan program pelatihan untuk menyusun
rencana kerja dan anggaran tahun depan kepada manajemen perusahaan, bila
kita memiliki perusahaan pelatihan.
sumber http://gimbfoundation.org/tips-bisnis/manajemen-pemasaran/